9 Ciri-Ciri Domba Garut Aduan Hebat

ciri-comba-garut-aduan
Gambar Domba Garut Adu - sumber : Google
Punya Domba Garut? jika Anda punya lanjutkan membaca. Kali ini saya akan bahas bagaimana ciri-ciri domba garut aduan atau bisa disebut domba garut petarung. Di Garut khususnya yang terkenal dengan domba garutnya tradisi adu domba memang sudah ada sejak jaman dahulu. Biasanya adu domba atau pertaruangan adu domba garut diselenggarakan dalam memperingati hari besar misalnya 17 Agustus. Hal ini merupakan suatu hiburan tradisional bagi masyarakat Garut.
Baiklah tentu Anda yang mempunyai domba garut ingin sekali mengetahui bagaimana ciri-ciri domba garut adu yang bagus?

Berikut ciri-ciri domba Garut Aduan yang bagus

  1. Domba Garut adu atau petarung yang bagus memiliki tanduk ngabendo, artinya tanduk yang dimiliki domba tersebut melingkar penuh ke belakang. Sebenarnya ada beberapa jenis tanduk menurut para ahli pecinta domba garut diantaranya Tewang, lele paeh, pasanga doa, padangkran, dan jalaprang. Domba garut adu yang memiliki bentuk tanduk Ngabendo biasanya akan lebih kekar dalam bertarung dibandingkan dengan jenis tanduk lainnya.
  2. Domba garut yang bagus untuk aduan memiliki bentuk muka seperti kuda, dalam bahasa sunda model bentuk muka ini adalah ngabeungeut kuda. 
  3. Dari mata kita harus mengetahui bagaimana domba garut untuk aduan yang baik. Biasanya orang melihat dari sudut mata bahwa domba garut yang baik tersebut adalah memiliki mata seperti jalak atau bisa disebut Panon Jalak. Ada juga domba petarung yang bagus dengan sebutan panon kupa dan hideung manggu
  4. Dari telinga kita juga harus memperhatikan, bahwa ciri comba garut adu yang bagus memiliki telinga yang pendek atau hampir tidak kelihatan seperti tidak memiliki telinga berbeda dengan domba biasanya atau domba blasteran dia akan memiliki telinga panjang. Domba garut adu yang bagus dengan telinga pendek biasa disebut dengan Ceuli rumping.
  5. Domba adu yang bagus memiliki bentuk punggung yang luruh, tidak melengkung seperti berat ke perut atau pinggulnya yang tinggi. Bentuk punggung yang lurus biasa disebut tonggong leceng ini merupakan jenis domba garut yang cocok untuk adu atau petarung
  6. Dari jenis kelamin bisa mencirikan bahwa domba garut adu yang bagus adalah memiliki jenis kelamin yang padat panjang dan berisi atau dalam istilah di sunda adalah Kanjut laer. (maaf bukan ga sopan....) Domba yang memiliki biji pelir ganjil dianggap kurang cakap dalam pertandingan dan kurang potensial dalam memberikan keturunan
  7. Domba garut yang baik untuk aduan yang ke-7 adalah memiliki ciri kaki yang biasa disebut ngaregang waru. Artinya kaki kiri dan kaki kanan memiliki keseimbangan serta bentuk yang kekar.
  8. Memiliki kuku yang bagus atau biasa disebut kuku ngukuh serta memiliki ekor yang besar dan berisi, selain itu domba yang memiliki ekor buntel mayit tidak disukai oleh para penggemar adu domba. Ciri-ciri domba buntel mayit pada ekornya tampak benjolan, ujungnya melilit ke luar dan tidak berbulu, bulu ekor terbalik, bulu badan melilit ke luar dan jarang terlihat. Domba dengan ciri-ciri tersebut dianggap sebagai pembawa sial, baik bagi domba itu sendiri maupun bagi domba lain. Misalnya, selalu mengakibatkan kekalahan, kecelakaan, atau arena pamidangan menjadi sepi dari pengunjung
  9. Memiliki bentuk badan seperti singa alias si raja hutan, bagi penggemar doma adu ciri ini juga diperhitungkan dalam pertarungan domba. Domba yang memiliki ciri patarung yang hebat harus memiliki bentuk tubuh seperti singa atau bisa disebut ngabadan singa.
Ke-9 ciri domba garut aduan tersebut sangat umum sebagai ciri dari domba garut aduan atau domba petarung hebat. Mungkin bagi yang memiliki domba garut petarung kesayangannya mungkin ada ciri yang tidak bisa diketahui oleh orang lain dan tidak dipublikasikan oleh yang mpunya.
Demikian 9 ciri - ciri domba garut aduan petarung hebat, semoga bermanfaat.

5 komentar:

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author